[BLOGTOUR] What To Say Next - Little D & Teori Kuantum by Julie Buxbaum

5/04/2018



Judul : What to Say Next
Author : Julie Buxbaum
Penerbit : Spring
Halaman : 370 hlm
Tahun : 2018
ISBN : 978-602-6682-17-8
Novel Terjemahan

Blurb _____________

Kit, gadis populer yang tidak tahan karena kehidupan berjalan normal padahal ayahnya bru saja meninggal - memutuskan untuk makan siang bersama pemuda antisosial genius bernama David Drucker. Di luar dugaan, mereka mengisi satu sama lain.

Sampai akhirnya kebenaran tentang kematian ayah Kit perlahan terungkap.

Bisakah persahabatan mereka bertahan walau diterpa kebenaran?

Review ______________


"Dalam teori kekacauan, ada konsep bahwa satu perubahan kecil bisa memiliki efek yang semakin lama semakin besar.'' Hlm. 124


Aku menyukai novel ini. Sebuah kisah dari gadis populer dan cowok antisosial yang memiliki keluarga hebat. Menyayangi mereka dan melindunginya. Betapa pun mereka telah melakukan kesalahan yang fatal. Memang betul! Dalam keadaan apa pun keluarga yang selalu menerima apa adanya kita.

Seperti kehidupan remaja pada umumnya. Hidup mereka penuh dengan drama sosial di sekolah. Pertemanan, ancaman, bullyng dan kisah romantis. Itu, berlaku bagi Kit yang termasuk kategori normal dan David yang dipandang sebelah mata, bahkan memiliki julukan 'Kepala Toilet'.

Percayalah hidup adalah tentang sebab-akibat. Dan David dapat memecahkannya dengan Teori Kuantum.

"Salah satu keuntungan dari masalah yang benar-benar menghantam kita adalah, kita bisa mengetahui siapa kelompok sejati kita.'' Hlm. 317

Teori kuantum membuat Kit yang memiliki nama asli Katherine menjadi tertarik. Terutama untuk memecahkan kasus kematian ayahnya. Yang tidak dapat dipungkiri Kit, David si anak ansos memiliki sisi yang menarik dan bagi Kit berada disampinya terasa nyaman. Ditengah rasa berkabung tak kunjung pergi, yang malah persahabatannya dengan violet dan Annie meregang.

Sedangka David, yang diduga menderita syndrom Asperger, sangat menyukai sains dan semua tentang Kit. Karena Kit satu-satunya orang, selain kakak dan orang tuanya yang tidak memandang David anak terbelakang. Karena kejadian mengerikan yang dideritanya hingga dijuluki Kepala Toilet, Miney sang kakak yang lebih suka memanggil David 'Little D' ini, menuliskan peraturan apa saja yang harus dan tidak harus dilakukan David. Termasuk catatan orang yang dapat dipercaya dan tidak.

Sayangnya, David yang menuliskan catatan tentang teman-temannya bahkan guru-guru, mencuat ke publik. Semua orang semakin membenci dan menghina David. Sehingga insiden yang tak diingikan pun terjadi.

Semuanya menjadi kacau, fakta tentang perselingkuhan yang hampir menuju perceraian, apalagi saat David dapat memecahka fakta atas kematian ayah Kit. Berantakan! Terlebih hubungan David dan Kit yang semakin dekat.

Kisah mereka dibawakan dari sudut pandang keduanya. Alurnya menarik dengan konflik yang dari awal biasa saja, meningkat menjadi menegangkan. Hingga ending dengan twist yang nendang. Yes. Salut aku sama penulisnya. Padahal sudah ada kode-kode ditengah cerita, tapi aku sama sekali tak menyadarinya.

Karakter tokoh kuat. David dibalik sifat anehnya dia jenius dan sifat blak-balkannya aku suka. Kit, walau kehidupan sosialnya normal, tidak semua hal dapat diceritakaa ke teman-teman terdekatnya. Bisa dibilang maslah 'kepercayaan'. Miney, kakak penyayang dan manis.

"Solusi apa pun sah-sah saja di tengah kesulitan.'' Hlm. 80

Overall, aku rekomen novel terbaru terbitan Penerbit Spring ini. Gak akan kecewa. Walau ada beberapa bahasa kimia, tapi bagus untuk informasi yang mungkin masih awam ditelinga. Btw, karena ini novel terjemahan, tidak ada masalah dengan penerjemahannya. Walau ada beberapa kalimat yang terasa kaku. Tapi bisa jadi karena bahasa aslinya juga begitu.

Selain pesan tentang pentingnya arti sebua keluarga. Kehidupan tidak akan selalu berjalan normal, akan selalu ada hal yang harus dipecahkan, diselesaikan dan diungkapkan kebenarannya. Jangan lari dari masalah, hadapi dan perbaiki.

Rate :
4* of 5*

______________ BLOGTOUR ______________

Halo, halo,



Pengin novel kece What to Say Next? Wajib ikuti rangkaian acara blogtournya ya. Karena di akhir acara akan ada persembehan spesial dari Penerbit Spring untuk mengadopsi novel ini cukup dengan mengumpulkan jawaban dari masing-masing host. (Cek di banner ya untuk hostnya).

Berikut pertanyaan dari Hotaru Book Story :

Siapakah nama asli Kit?

Gampang kan jawabannya? Sambil nunggu review dari host lainnya, follow akum di bawah ini yuk.

1. Twitter @RiienJ dan @penerbitspring

Good Luck! 



You Might Also Like

7 comments

  1. Nama asli Kit adalah Katherine

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Nama asli Kit adalah Katherine

    ReplyDelete
  4. Nama asli Kit adalah Katherine

    ReplyDelete
  5. Nama asli kit adalah Katherine #WhatToSayNext

    ReplyDelete

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe