Asmarandana – Terjebak Antara Rasa Cinta atau Kagum? by Indah Hanaco

3/17/2018


Judul : Asmarandana
Author : Indah Hanaco 
Penerbit : Elex Media Komputindo 
Halaman : 281 hlm
Tahun : 2017
ISBN : 978-602-04-5213-5
Genre : Romance 

Blurb _______________
Levi Abirama, remaja begitu bahagia karena bisa bersam Jessica yang membuatnya tergila-gila. Cintanya pada perempuan itu begitu bergelora meski usia mereka terpaut jauh. Sepuluh tahun kemudian, Levi hanya bisa termangu karena cinta itu jua yang mengantarnya menjadi ''sandera'' Jessica. 

Lewat sebuah perjalanan, Levi malah tak sengaja mengenal Elena Josefin. Gadis muda yang penuh semangat itu bekerja di sebuah resor di tepi Danau Toba. Pertemuan pertama mereka sudah memberi efek magis yang mengubah dunia Levi dan Elana. Hingga lelaki itu lupa, bahwa dia dan Jessica terikat hubungan terlarang yang takkan mudah diurai. 

Meski sempat gamang, Levi akhirnya berani mengambil keputusan mengejutkan. Namun sayangnya Jessica tak mau begitu saja melepaskan gigolonya. Melengkapi semua keruwetan itu, Elana sendiri punya rahasia pahit yang takkan pernah ada penawarnya. Apakah semua harus berakhir dengan hati yang luluh lantak? 

Story ___________
"Aku melakukan banyak hal bodoh, kita sama-sama tahu itu...." Hlm. 242
Ah, aku tidak bisa membayangkan jika hidup seperti yang dialami Levi. Bukan masalah dia yang terjebak dengan kehidupan gigolonya. Secara materi mungkin tercukupi. Namun, kebahagiannya selama menjadi gigolonya Jessica malah terkesan suram. Dan kehidupan menjadi seorang gigolo itu tidak sepenuhnya menyenangkan karena didalamnya terdapat permainan dan intrik yang bagiku sangat tidak bermoral.

Levi menjadi gigolo karena Jessica memang idolanya. Dia sangat kagum dengan sosok model cantik satu ini. Hingga sahabatnya, mempertemukan keduanya. Kucing dikasih ikan mana nolak, aplagi ikan favoritnya. Namun, semakin beranjak dewasa Levi menginginkan lebih, tidak hanya menjadi seorang gigolo, melainkan menginginkan kehidupan yang utuh dengan Jessica dalam sebuah pernikahan. Sayang, Jessica bukan wanita yang sudi berkomitmen.

Karena itu Levi ingin menyerah saja dari kesabarannya selama ini, ditambah Levi bukanlah laki-laki satu-satunya dalam hidup Jessica. Godaan lainnya adalah saat Levi bertemu dengan gadis yang begitu saja menggetarkan hatinya bernama Elana. Keinginan Levi untuk pergi dari Jessica semakin besar, namun malangnya Levi, Jessica adalah wanita yang ternyata mengerikan, tanpa hati dan perasaan. Sanggupkah Levi meninggalkan kehidupan gigolonya dengan perang batin yang tak semakin mempersulit?

Review ___________

Kali ini mba Indah menyuguhkan cerita yang tak biasa karena mengangkat tema tentang seorang anak manusia yang terjebak dengan statusnya sebagai gigolo. Dan ini novel pertama yang aku baca tentang gigolo. Jadi nambah pengetahuan seperti kehiudpan gigolo itu. karena cerita ini seperti yang mba Indah pernah share di akun sosmednya terinspirasi dari kisah nyata.

Alur ceritanya mengalir, konflik bikin aku sedikit naik darah saat Levana dikenalkan pada kehidupan yang tidak biasa itu. Tapi, memang jalannya sudah seperti itu, aku juga bisa merasakan bagaimana perasaan Levi sesungguhnya. Perasaan galau, ragu dan bahagia. Dan kehadiran Elana dengan penyakitnya juga tidak hanya menjadi pemanis konflik, namun menjadi teguran buat orang-orang seperti Levi.

Karakter tokohnya untuk Levi seperti yang aku tulis diatas, aku bisa merasakan apa yang Levi alamai, itu karena karakternya kuat. Jika jadi Levi, aku juga bakalan berhadapan dengan keraguan mengenai keputusan yang akan diambil. Ah, tidak mudah memang hidup dengan orang yang kita cintai selama lebih dari 5 tahun. Jessica, karakternya juga kuat, sifat menguasainya itu kerasa banget. Elana, karakternya kalem dan bisa mengendalikan emosi.

Bagiku, secara keseluruhan novel Asmarandan ini menghibur dan membuka mata, bahwa di luar sana masih banyak orang-orang yang memiliki kehidupan yang suram bahkan mengerikan, karenanya syukuri selalu dan memiliki tekad untuk keluar dari hal-hal yang tidak baik. Seperti Levi yang mulai membulatkan tekadnya. Elana yang harus lebih percaya lagi terhadap kehadiran orang yang sepenuh hati ingin disampingnya.

Rekomen nih bacaan satu ini.
4* of 5* for Asmarandana

You Might Also Like

5 comments

  1. baca sinopsisnya jadi penasaran dengan cerita seutuhnya gimana akhirnya Levi, Jessika dan Elana

    ReplyDelete
  2. Wow, seru juga ya ceritanya. Termyata Da jg perempuan yg menyeramkan bagi pria. Hiiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah... jangan salah the power of perempuan itu lebih besar. salah satunya selain Jessica adalah Ibu-ibu. :D

      Delete
  3. Ayam jago bangkok lebih jago dari pada ayam indonesia ? Benarkah itu ? Untuk mengetahui selanjut cerita nya Hubungi kami di BBM: BOLAVITA / WA: +6281377055002

    ReplyDelete

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe