Dermaga Masa Lalu – Patah Hati yang Kedua by Ainun Nufus & Asri Rahayu MS

2/08/2018



Judul : Dermaga Masa Lalu
Author : Ainun Nufus & Asri Rahayu MS
Penerbit : Diandra Creative
Halaman : x + 187 hlm
Tahun : 2015
ISBN : 978-602-336-144-1
Genre : Romance

Blurb __________

Kamu tak perlu menjauh. 
Tetaplah di situ.
Aku tahu caranya mundur.
Walau hatiku hancur.
Mungkin kita bahagia dicerita yang berbeda. 
Biarlah takdir yang bercerita.
-cerita lain dari my future- 

Story  __________

"Aku sudah berusaha berhenti berharap, tapi aku tetap saja kalah.'' Hlm. 13 

Jujur nih aku baca novel ini nyesek banget. Pernah gak si kalian jatuh cinta diam-diam sama teman dekat sendiri? Lalu, tumbuh keberanian untuk mengungkapkannya. Oke, kita ambil buruknya deh "DITOLAK". 

Kalau sekedar ditolak pasti masih bisa dong menata hati ya. Lah, ini malah dijauhi. Sepeti yang terjadi pada tokoh utama di sini Krystal, dijauhi Zico, sahabatnya sendiri. Hanya karena pengakuan Krystal. Parahnya, Zico malah menikah dengan wanita lain yang usut punya usut karena kebobolan. 

Krystal sangat patah hati. Sayang, karena rasa cintanya yang terlalu besar membuat hari-hari Krystal hanya dipenuhi kehampaan. Terutama saat hujan datang menyapa. Rasa sakit itu tak bisa terelakkan. Dan kisahnya tak sampai di situ, karena Zico tiba-tiba hadir kembali menjadi bos-nya di kantor. Kenangan itu semakin bergelayut, terlebih saat Zico tak berhenti mengganggu Krystal.

Pertahanan Krystal pun runtuh karena Zico terlihat bahagia dengan buah hatinya Za. Alhasil, resign adalah pilihan yang gak bisa diutak-atik. Krystal ingin hidup bahagia. Dia pun pindah ke daerah lain dan pekerjaannya yang baru membuat Krystal bertekad untuk melupakan Zico. Toh, bosnya kali ini masih lajang. Daripada Zico sudah beristri. Dan, Bos Ben ini ternyata mampu membuat Krystal ceria kembali. Perhatian, kekonyolan si Bos mampu membuat Krystal untuk memulai hidup baru. 

Ah, sayang, Zico masih saja hadir dalam hidupnya, membuat kebimbangan. Dan segalanya semakin rumit saat Krystal mengetahui kebenaran tentang Zico dan Ben. 

Review  __________

  "Sesulit inikah aku mendapatkan hatimu kembali, Krystal? Sesakit itukah kamu selama ini?" Hlm. 110 

Dermaga Masa Lalu kan ditulis oleh dua orang penulis, namun membaca novel serasa ditulis oleh satu orang. Ekhm.. selamat ya ka Ainun dan Ka Asri yang klop satu hati, satu jiwa. Cinta pertamanya gak satu kan ya? *langsungditengelamkan.

Nah, karena tidak adanya perbedaan yang mencolok dalam tulisan ini, bapernya dapet. Aku bisa merasakan bagaimana sosok Krystal yang berjuang melupakan cinta pertamanya. Menata kembali hatinya. Yah, waktu terkadang memang tak mudah begitu saja ikut andil dalam mengobati rasa sakit bukan? Apalagi jika si cinta hadir kembali mengganggu ketenangan.

Alur dan konfliknya juga mengalir. Seru sekali karena hadirnya Ben yang kocak. Dibandingkan Zico, aku lebih merasakan feel-nya Ben. Kehadiran Ben memang memberikan warna tersendiri dalam konfliknya. Namun, tetap saja aku lebih suka Krystal dengan Zico. Yah, walau kasihan juga sama Ben. *galau sendiri*

Karakter tokohnya kuat. Aku suka bagaimana Krystal yang mencoba beranjak dari masa lalunya. Memulai hidup baru. Di sisi lain dia harus jatuh lagi. Tidak harus sempurna untuk menjadi tokoh utama. Bagaimana pun Krystal memiliki hati yang belum siap untuk retak kedua kalinya. kehadiran Za yang lucu dan menggemaskan akan lebih bagus jika memiliki pernah lebih di pertengahan konflik.

Untuk endingnya, masih ada yang mengganjal dalam hati. Tentang perasaan Ben. Yah, silahkan baca novelnya langsung, oke.

Overall, aku dibikin baper abis sama Krystal. Walau masih ada beberapa typo yang aku temukan. Namun, tidak mengubah bagaimana patah hatinya Krystal yang sejadi-jadinya.

Pesan, Melupakan dan memulai lagi bukan perkara mudah. Namun, bukan berarti harus terjerembap dengan masa lalu. Tak ada salahnya mencoba menjalani kehidupan yang baru walau masih dibayang-bayangi masa lalu sambil mengikhlaskan yang sudah terjadi.

4* of  5*


You Might Also Like

0 comments

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe