[BLOGTOUR] A Thing Called Us – Memenjarakan Diri by Andry Setiawan

11/23/2017

Blurb _____________

Ini kisah cinta yang biasa.
Tentang tiga orang sahabat.
Tentang mereka yang memendam perasaan masing-masing.

Shun, Kotoha, dan Shinji sudah berteman sejak kecil. Sampai suatu saat, Shinji tiba-tiba memutuskan untuk menghilang dari kehidupan mereka tanpa memeberi kabar secuil pun.

Setelah lima tahun berlalu. Kotoha masih menunggu Shinji pulang. Sementara itu, Shun menunggu Kotoha melupakan pria itu. Namun, mau sampai kapan mereka saling menunggu?
Mereka hanya bisa berharap, kisah cinta yang biasa ini tidak berakhir dengan penyesalan.

Judul : A Thing Called Us
Author : Andry Setiawan
Penerbit : Haru
Halaman : 290 hlm
Tahun : 2017
ISBN : 978-602-6383-20-4
Romance

Review _____________

“Kita tidak bisa menahan perasaan kita sendiri, kan? Apalagi memaksakan perasaan kita.” Hlm. 50

A Thing Called Us, mengambil tema cerita tentang penantian dan harapan Kotoha serta Shun terhadap Shinji yang menghilang tanpa kabar. Penantian Shun terhadap perasaannya pada Kotoha. Hingga selama lima tahun kepergian Shinji mereka berdua terus berkubang dalam masa lalu. Belum masalah keluarga yang harus dihadapi Shun. Hidup mereka menjadi rumit karena keputusan mereka sendiri.

“Ada hubungan di dunia ini yang tidak bisa dijelaskan hanya dengan satu kata 'suka'.” Hlm. 89

Lalu, kehadiran Aki dan Hayato sedikit mengubah pola pikir Kotoha dan Shun. Sayangnya, Aki yang tidak bermaksud ikut campur dengan masalah mereka harus merasakan kerumitan yang terjadi antaa Kotoha dan Shun. Lambat laun hati Aki yang memendam rasa pada Shun hanya mampu diam. Kotoha yang mengetahuinya pun tidak rela jika Shun dekat dengan orang lain. Cukup Shinji yang pergi, tapi tidak dengan Shun.

Namun, mereka semakin terjebak dengan kerumitan yang menanti penyelasaian. Bagaimana akhir cinta segitiga ini? Akankah Shiji berhasil ditemukan? Bagaimana dengan Aki?

Semua jawabannya silahkan baca di novelnya langsung.

“... Masalah hati tidak akan selesai meskipun kalian mengundang simpati orang lain, dan bersikap menyedihkan.” Hlm. 134

Dalam novel ini ada dua konflik yang menunggu penyelesaian, tentang penantian Kotoha dan Shun. Dan masalah Shun dengan keluarganya. Pengolahan konflik tidak bertele-tele. Untuk alurnya sendiri mengalir.

Btw, membaca novel ini serasa baca novel terjemahan. Penulis sangat piawai mengolah kosakata sehingga nuansa Jepangnya dapat. Tak terasa kalau novel ini asli Indonesia.

Karakternya kuat. Dan yang ditonjolkan adalah Kotoha, Shun, Aki dan Hayato. Kotoha dan Shun bisa saling memahami karena mereka sudah berteman sejak kecil. Aki adalah orang yang blak-blakan, namun karena sifat terbukanya itu menjadi bumerang untuk dirinya sendiri. Hayato, orang yang supple dan dewasa. Aku paling suka dengan Hayato karena dia dewasa banget sesuailah sama usianya yang sudah berkepala tiga lebih. 

Ending, wah tak tertebak. Aku suka dan menjelang klimaks aku mewek. Sedih.

Pesan, melarikan diri bukanlah hal yang tepat. Karena dengan terbuka dan berbicara pasti akan ada penyelesaian yang lebih baik. Ingatlah, masa lalu tidak bisa diubah dan penyesalan selalu datang terlambat.

Overall, aku sangat terhibur walau awalnya aku gak dapat kesan bagus dengan novel ini. Agak monoton. Tapi dipertengahan novel ini wajib diselesaikan. Dan aku gak kecewa. Terima kasih untuk kisah tiga sahabat ini kakak author. Good Job.

“Ada segelintir orang yang tidak bisa ditolong karena mereka tidak mau ditolong, memilih berkubang di dalam lumpur.” Hlm. 241

4* of 5* for A Thing Called Us

__________ GIVEAWAY TIME __________



Mau satu exslamper novel keren satu ini dari Penerbit Haru kan? Ikuti rulesnya di bawah ya.

  1. Ikuti rangkaian blogtour A Thing Called Us
  2. Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia.
  3. Follow Twitter @Penerbitharu, @konstantin0609 dan @RiienJ. Yang punya IG boleh dong follow akun @Penerbitharu @konstantin0906 @tomoyo.rin
  4. Jangan Lupa untuk like Fanpage Penerbit Haru
  5. Share info GA disalah satu media sosial yang kamu punya. Jangan lupa untuk mention akun kami baik di twitter maupun instagram dengan hastag #AThingCalledUs
  6. Giveaway akan dilakukan di akhir acara yaitu di fanspage Penerbit Haru berupa finding words. Jawaban untuk giveaway ada di masing-masing blog host blogtour. Jadi, teman-teman harus mengumpulkan jawabannya. Dan ini pertanyaan dari hotaru book story.
“Sudah berapa lama Shinji menghilang?”

Selamat berjuang teman-teman.


Good Luck !

You Might Also Like

0 comments

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe