Money, Love, Happiness – Sebuah Pembuktian by Awie Awan

Blurb _____________

Lisa merasa sistem manajemen yang ia tawarkan lebih baik dari milik Ayahnya. Hal itu sering memicu pertengkaran di antara mereka berdua karena perbedaan prinsip dan pandangan. 
Sampai suatu hari, pertengkaran dia dan Ayahnya menjadi semakin hebat, membuat Lisa akhirnya memilih untuk keluar dari perusahaan Ayahnya. Ia berjanji akan membuktikan pada Ayahnya kalau ia bisa sukses dengan caranya sendiri. 

Ia pun bergabung dalam sebuah bisnis MLM. Dalam waktu singkat, Lisa mendapatkan banyak promosi. Namun, ia merasa belum cukup karena masih banyak target yang ingin dicapai. 
Sang Ayah menyuruh Lisa untuk kembali ke perusahaannya karena melihat Lisa bekerja terlalu keras di luar sana. Bagaimanapun, sang Ayah mengkhawatirkan keadaan Lisa. Namun, Lisa enggan untuk kembali.

Suatu malam, dalam sebuah event besar, Lisa mendapatkan promosi posisi yang cukup bergengsi. Pencapaian tersebut membuatnya mendapatkan popularitas, uang banyak dan tiket ke Eropa. 
Namun, di saat yang sama, ia harus kehilangan orang-orang yang dicintainya, keluarga, sahabat dan pacarnya, karena selama ini ia tidak menyediakan cukup waktu untuk bersama mereka.

Judul : Money, Love, Happiness
Author : Awie Awan
Penerbit : Penerbit Andi
Halaman : vi + 186 hlm
Tahun : 2017
ISBN : 978-979-29-6104-1

Review _____________

"Kalau kamu benar-benar kenal aku. Kamu tahu apa yang aku lakukan. Apa yang aku perjuangkan.'' Hlm. 160

Novel ini menceritakan seorang gadis yang bekerja di dealer milik ayahnya sendiri, namun dia tidak bebas menuangkan ide-idenya. Krisis, membuat Lisa dan Ayah sering bertengkar. Karena gak tahan, Lisa pun memilih risaign. Bahkan sampai ke luar dari rumah.

"Kamu lihat! Kamu itu gak bisa menerima kritikan. Kami itu cuma mau didengarkan. Maunya semua keinginan kamu itu harus dituruti.'' Hlm. 26 

Lisa bertekad dia ingin berjuang sendiri tanpa bantuan siapa pun. Bahkan saat Rido, sang pacar ada andil dibalik keterimanya Seli diperusahaan ternama, Lisa kembali memilih mengundurkan diri. Hingga MLM produk HerbalSlim menarik hati Lisa untuk mencobanya.

"Ini bukan hanya tentang papa aku. Ini tentang aku. Aku merasa nggak bernilai. Aku mau buktikan pada diri aku sendiri, kalau aku ini bukan cewek manja. Aku bukan cewek yang tinggal siap masuk dapur.'' Hlm. 63

Karena memang tekad dari awalnya dia akan berjuang demi menunjukan pada sang Ayah bahwa dia bisa sendiri. Membuat Lisa bekerja mati-matian. Impiannya bertambah untuk naik level dan mendapatkan tiket wisata ke Eropa. Karena MLM memang tak mengenal waktu dan tempat. Menjadikan Lisa terlalu sibuk mengejar pencapaian karirnya.

Di waktu yang dinantikan  Lisa. Semuanya tak berjalan sesuai harapan. Jalan apa yang akan diambil selanjutnya? Yuk… temukan jawabannya langsung di novel Money, Love, happiness

Tema, menarik. Sekarang ini MLM tak setenar waktu jamannya aku SMA (6 tahun yang lalu). Dengan penulis mengangkat tema MLM ini kaya lagi nostalgia gitu deh. Yah, walau aku gak pernah gabung dengan MLM manapun si. Tapi seru aja bacanya. 

Alur Cerita, dipertengahan terlalu cepat. Ada beberapa konflik yang kurang di angkat. Padahal aku masih gereget. Apalagi soal hubungan Lisa dan Rado, konfliknya kurang. 

Karakter, Lisa yang ambisius dan keras kepala tetap bertahan sampai akhir. Oke. Karakter yang paling aku suka adalah Rado. Dia itu romantis, porsi lebaynya juga gak berlebihan. 

Pesan, mimpi, kesuksesaan itu memang harus dikejar dengan sepenuh jika ingin diraih. Namun, tetap harus diingat, untuk tidak terlalu ambisius sampai mengabaikan orang-orang terdekat. 
Kebahagiaan itu tak bisa dibeli dengan uang. 

3.5* of 5*


No comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!