Love Trip – LDR, Nyentana & Permainan Luna by Putu Kurniawati

7/17/2017

Blurb ___________

Selain untuk melanjutkan studi, Cakra pindah ke Denver untuk mengobati penyakit yang ia derita. Menjelang kelulusan, ia mengikuti penelitian di Kyoto dan bertemu Luna. Tak disangka pertemuan itu membuat mereka akrab hingga memutuskan pacaran – meski harus menjalani LDR.

Tapi menjaga hubungan jarak jauh tidak semudah itu. Makin lama Luna merasa perhatian Cakra kepadanya jauh berkurang. Belum lagi tampaknya Cakra menyembunyikan sesuatu darinya. Apalagi Steve, teman masa kecilnya, semakin gigih dan bersedia nyentana demi dirinya.

Luna mulai berpikir untuk mengetes keseriusan Cakra dengan permainan yang dia buat. Dan permainan itulah yang membuat mereka menjejakkan kaki mulai dari Denver, Kyoto, Bali, Lombok, sampai Praha.

Judul : Love Trip
Author : Putu Kurniawati
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Halaman : 272 hlm
Tahun : 2016
ISBN : 978 – 602 – 03 – 2905 – 5
Young Adult/Romance

Review  ___________

"Aku cari calon suami yang bersedia nyentana, tinggal di Ubud bersamaku dan melewati hari demi hari bersamaku sampai tua." Hlm. 264

Love Trip bercerita tentang jalinan cinta jarak jauh antara Cakra dan Luna. Pertemuan yang tak sengaja membuat keduanya terikat dalam jalinan hubungan yang tak mudah dilalui. Cakra kuliah di Denver, sedangkan Luna di Kyoto. Namun, semenjak lulus Cakra justru memutuskan untuk bekerja di Denver. Luna, dia kembali ke Indonesia, tepatnya Bali.

Hubungan yang awalnya tanpa masalah, kini mulai berlubang. Ditambah soal nyentana yang tak bisa Luna hindari. Dia tak yakin Cakra akan setuju soal nyentana. Di sisi lain Steve, sahabat kecilnya, yang sangat mencintai Luna, bersedia untuk melakukan nyentana. Di tengah desakan orang tua Luna mengenai nyentana, dia pun membuat permainan kecil yang justru menimbulkan masalah dan munculnya masa lalu. Kenyataan tentang kakak Cakra, bertemu dengan mantan pacar dan rahasia Cakra lainnya yang tersembunyi rapat.

"Bandel tapi pintar itu seksi." Hlm. 118

Membaca Love Trip, aku seakan nonton film FTV. Dengan kondisi Cakra dan Luna sudah termasuk golongan orang-orang dewasa, namun karakternya malah seperti anak remaja. Kisah cinta mereka juga penuh dengan drama ala anak remaja. Wajar si ini novel young adult, tapi aku lebih suka jikalau tokohnya masih anak SMA atau anak kuliahan tahun pertama agar kokret dengan alur ceritanya yang ringan dan masalah kecil dibesar-besarkan.

Overall, aku memang menikmati permainan Luna yang membuat Cakra harus benar-benar memilih antara karir atau Luna. Dan soal nyentana yang baru aku ketahui. Ternyata siapa yang harus tinggal di rumah siapa setelah menikah bukan hal sembarangan yang harus diabaikan dalam adat Bali. Beberapa tradisi lainnya di bali juga sempat diceritakan dengan singkat jelas dan padat.

Tapi terdapat beberapa hal yang menjadi kekurangan novel ini seperti karakter tokoh yang tidak kuat, kebetulan-kebetulan yang terkesan dipaksakan, status sosial Junot sahabat Cakra yang kurang jelas. Diceritakan Junot punya kartu kredit namun dia lebih sering ditraktir Cakra karena selalu disindir gak punya uang. Oh, iya, tidak ada profil tentang penulis dalam novel ini. Padahal profil penulis penting, terutama untuk yang pertama kali baca karyanya seperti aku. Apakah ini novel pertama atau justru karyanya yang lain, sehingga aku bisa memahami apa yang menjadi banyaknya bolong di sana - sini dalam novel ini.


3* of 5* untuk Love Trip

You Might Also Like

0 comments

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe