How to Stay Single - Cinta untuk Masa Depan by Christian Simamora

4/16/2017

Blurb ____________

EMMA MORANO, PEREMPUAN TERTUA DI ITALIA, MEMBEBERKAN RAHASIA UMUR PANJANGNYA : MAKAN TELUR MENTAH TIGA BUTIR SETIAP HARI DAN TETAP SINGLE SAMPAI SEKARANG.

Malika tak bisa berhenti tersenyum saking bahagianya bisa bekerja di acara Juan Carlos Bautista, celebrity chef ternama sekaligus idolanya sepanjang masa. Sayang, mimpinya itu berakhir tragis dengan cepat ketika dia tahu kepribadian Juancar yang sebenarnya : bermulut kasar dan sangat ditakuti para krunya.

PEREMPUAN TERTUA DI SKOTLANDIA, JESSIE GALLAN, JUGA MENGAKUI KALAU MENJAUHI LAKI-LAKI MEMBANTUNYA TERUS BERTAHAN HIDUP. 

Lebih baik jadi sosok yang ditakuti ketimbang dicintai - begitulah prinsip yang dipegang Juancar sejak dulu. Logikanya, antipati Malika terhadap dirinya tak memengaruhi konsentrasi saat bekerja di depan sorotan kamera. Lantas, kenapa perubahan sikap itu malah membuat Juancar disengat perasaan tak nyaman? Kenapa dia sebegitu pedulinya dengan pendapat Malika tentang dirinya?

"MEREKA [LAKI-LAKI] LEBIH BANYAK MEMBUAT MASALAH KETIMBANG FAEDAHNYA," AKU JESSIE DALAM WAWANCARANYA DENGAN THE DAILY MAIL. 

Ini adalah cerita cinta yang tak punya masa depan. Terlalu banyak perbedaan, terlau banyak rintangan - begitu alasan mereka. Namun, kenapa keduanya sama - sama tak rela kalau berpisah? Apakah cinta masih layak disebut cinta meskipun tak pernah bersatu?

Selamat jatuh cinta,
CHRISTIAN SIMAMORA

Judul : How to Stay Single
Author : Christian Simamora
Penerbit : Twigora
Halaman : xii + 460 hlm
Cetakan : Pertama, January 2017
ISBN : 978-602-60748-0-5
Genre : Romance
Series : #JBoyFriend

Review  ____________

“Hanya karena lo mencintai seseorang dengan sepenuh hati, bukan berarti orang itu akan membalas dengan cinta yang sama besarnya.” Hlm. 207

Tantangan MFF RC untuk bulan April adalah buku yang di dapat dari hasil diskonan. Novel How to Stay Single ini aku beli online karena kebetulan lagi ada diskon 20% yang harga normalnya Rp.  89.000 menjadi Rp. 71.200.

Ini pertama kalinya aku baca tulisan Christian Simamora. Banyak juga para blogger buku yang selalu menantikan kehadiran karya-karya penulis. Tentu saja dong bikin aku penasaran dengan tulisan si abang yang sudah melahirkan banyak novel series #JBoyFriend. 

So, setelah membaca novel terbarunya yang terbit awal tahun ini, aku tertarik ingin membaca novel lainnya. Dari pertama baca aku malah gak pengen berhenti. Dan, dengan ketebalan 400 hlm lebih aku berhasil melahap semuanya dalam setengah hari. Rekor ini, karena biasanya butuh 2/3 hari.

How to Stay Single ini bercerita tentang seorang chef yang luar biasa gantengnya bernama Juan Carlos Bautista, panggil saja Juancar. Dan seorang kru ASO TV, bernama Malika Dewi yang tadinya ngurusin acara musik Hestek, dipindahtugaskan ke acara masak Hot Pans.

Malika menerimanya dengan senang hati dan berbunga-bunga malah karena akan kerjasama dengan idolanya selama ini yaitu Chef Juancar. Pesona Juancar ini membuat rating acara masak tersebut selalu di urutan teratas dibanding acara masak yang ditayangkan di stasiun tv lainnya. Namun, kebahagiaan itu lesap seketika saat dia mengetahui sifat asli sang Chef yang berbanding terbalik dengan apa yang selama ini dilihatnya di layar tv. Juancar ternyata memiliki sifat kasar dan suka marah-marah. Saat itu juga Malika memutuskan berhenti jadi fans-nya.

Tapi, Juancar tidak terima. Entah kenapa sikap Malika yang terang-terangan berani menyelanya menimbulkan ketertarikan yang sulit diterjemahkan. Hubungan Chef dan krunya itu pun sangat aneh. Dikit-dikit baik, dikit-dikit berantem. Sejujurnya Malika juga tidak mampu menepis pesona yang selalu terpancar dari Juancar yang kadang menyebalkan, kadang baik. Pun, dengan Juancar anehnya dia merasa nyaman berada dekat dengan Malika.

Cinta memang akan selalu menyakitkan. Entah karena kau mencintai terlalu banyak, terlalu lama, atau karena tak bisa mencintai sebanyak dan selama yang kau inginkan…. Hlm. 314

Lambat laun hubungan Juancar dan Malika semakin rumit. Mereka mengaku saling mencintai. Sayangnya terlalu banyak perbedaan dan halangan. Mantan Juancar yang kembali mengejar-ngejar. Lelaki yang tengah dekat dengan Malika dan menjadi kandidat sebagai calon suami menawarkan masa depan, membuat Malika tak bisa memilih cinta Juancar. Sayangnya Juancar pun tak mau menyerah.

Karakter tokoh yang ditonjolkan dalam novel ini selain Juancar dan Malika. Ada juga sahabat Malika yang bernama Pepi, suka ngegosip, browsing hal-hal gak penting dan ngajakin beli es krim yang hanya dijual di KeraMidi. Tapi, Pepi ini tipe sahabat pendukung. Lalu ada Tafi, seorang selebriti yang selalu mengandalkan kecantikannya untuk menarik laki-laki, merupakan mantan Juancar, walaupun dimunculkannya tidak begitu sering, namun memiliki peranan penting dalam novel ini. Tafi ini tipe cewek egois dan terlalu percaya diri dengan kecantikannya.

Alur cerita yang disuguhkan maju-mundur.

Ada typo yang aku temukan nih :

Konteks kalimat di bawah ini percakapan antara Juancar dan Tafi, namun penulis malah menuliskan Malik.
“Hooo, jadi begitu cara kamu buat menghargai usahaku?” Malika benar-benar tersinggung sekarang. “Kamu pacar macam apa sih?” Hlm. 22

“Apa-apaan ini, Mal?” Seketika itu juga Nino tampak keras ketika mereka bertaukar tatap kembali…. Hlm. 412
Kata ‘bertaukar’ kelebihan huruf yang seharusnya ‘bertukar’

Untuk endingnya, biasa saja. Kalau dibilang sesuai harapan si, aku gak mengharapkan apa pun akan endingnya. Mungkin karena baru pertama kali baca novel karya Christian Simamora, jadi aku biarkan mengalir apa adanya saja. Tapi aku suka dengan konflik cerita yang dibangun penulis baik antara Juancar dengan Malika, maupun tokoh lainnya.

Manfaat yang dapat diambil dari novel ini, yaitu aku jadi tahu tentang bahasa Tagalog. Sampe akhirnya cari di google tentang bahasa tersebut. Maklum si agak kudet sama bahasa-bahasa di dunia. Dan manfaat lainnya adalah bahwa menghargai rekan kerja itu penting. Jangan karena seorang pemimpin bisa seenaknya saja pada bawahan. Kita kan kerja team, setiap permasalahan yang timbul harus dicari dulu akar masalahnya.

Kalau aku bertemu dengan penulis pengen nanya ''berapa lama riset yang dilalukan untuk novel ini, dari jenis makanan, karakter tokoh dan lattar tempat yang digambarkan secara informative?''

Rekomen ya yang mau baca series #JBoyFriend Christian Simamora. Asal jangan baper aja sama adegan-adegan yang bikin gerah. Walaupun begitu, aku saranin si buat kamu yang di bawah 17 tahun sabar dulu deh ya nunggu cukup umur dulu.

4* of 5* untuk How to Stay Single

____________________

Diikutsertakan dalam :
 Monday Flash Fiction Reading Challenge April
&
Indonesia Romance Reading Challenge 2017



You Might Also Like

0 comments

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe