Mera, Puti, Emas - Cerita Anak Bawang by Kathrinna R

12/12/2016

Blurb ______________

Diangkat dr serial webtoon bergenre fantasi anak; Mer, Puti, Emas : Cerita Anak Bawang menyajikan sisi keseharian dari ketiga gadis cilik yang penuh kekonyolan. Ada Puti yang selalu ceria dan fans berat kerupuk, Mera-kakak Puti-yang galak tapi gak kalah jahil, dan Emas si gadis ksatria yang berani dan baik hati.

Temukan kisah kocak mereka saat bertemu Pangeran kerajaan, merawat teman yang sakit, hingga ketika menyelidiki gubuk yang katanya berhantu. Apa pun kegiatannya, mereka selalu melakukannya bersama!

Kathrinna R, alias @gambarnana, lulusan bidang kajian Desain Komunikasi Visual, ITB ini menekuni dunia gambar sudah sejak SMP. Kecintaannya terhadap dongeng rakyat mebuat ia menciptakan tokoh Mera, Puti, dan Emas yang kemudian mengantarkan @gambarnana meraih penghargaan sebagai Buku Anak Panghadena (Outstanding Children Book) dalam Pasar Komik Bandung. Cerita Mera, Puti dan Emas juga telah dibaca oleh jutaan orang di webtoon bit.ly/meraputiemas

Fb : Mera, Puti dan Emas
IG : @meraputiemas

Judul : Mera, Puti, Emas
Author : Kathrinna R
Penerbit : Trans Media Pustaka
Halaman : vi + 194 hlm
Tahun : 2016
ISBN : 978-602-1036-46-4
Genre : Fantasi Anak

Review ______________

Kesan pertama saat aku melihat buku ini di toko buku online karena judulnya. Yap, judulnya unik Mera, Puti, Emas. Saat lihat blurb nya ternyata memang nama tokoh diambil dari cerita dongeng bawang merah dan putih, serta timun emas. Aku jadi tertarik untuk mengadopsinya, bagaimana penulis akan menuangkan kisah Mera, Putih dan Emas menjadi kemasan buku anak. Seru penuh petualangan atau biasa saja.

Mera dan Puti ini hanya tinggal berdua, kalau kalian baca webtoonnya pasti tahu penyebab dua anak kecil ini hidup sebatang kara tanpa orang tua. Untuk makan mereka harus mencari tumbuhan obat dari hutan yang nantinya dijual di pasar. Keduanya, memiliki teman yang sangat perhatian, namanya Emas.

Ketiga anak ini mengalami hari-hari yang menyenangkan, penuh petualangan, dan pengalaman baru yang membuat ketiganya semakin saling peduli. Tak luput kisah-kisah konyol menyapa mereka. Pembaca akan terhibur dengan keluguan Puti. Akan kagum dengan sosok Mera. Dan, ingin kuat seperti Emas.

Dalam cerita ini karakter yang ditonjolkan tentunya ketiga anak kecil di atas. 
Mera, seorang kakak yang sangat menyayangi Puti dan selalu mengutamakan adiknya. Walau terkadang Mera juga menjadi sosok kakak yang galak.
Puti, adik yang sangat doyan dengan kerupuk. Tapi keluguannya selalu membuat kakaknya gemas.
Emas, teman yang baik. Dia sangat perhatian kepada kakak beradik itu.
Pangeran kerajaan, sangat menyukai Mera. Bahkan bertekad akan meminang Mera suatu haru nanti.

Tokoh yang aku sangat suka dari cerita ini yaitu Puti, gemes aja lihat tingkahnya yang kocak.

Alur dalam buku ini adalah alur maju.

Karena buku anak ini dikemas dalam bentuk komik, dengan beberapa petualangan yang dilalui ketiganya dan di cerita terakhir membuat aku senang karena buku ini ditutup dengan usaha Emas agar Mera dan Puti mau belajar menulis. Dengan latar belakang Mera dan Puti, tentu saja keduanya tidak bisa menulis sehingga Mera ingin kedua sahabatnya ini bisa menulis, terutama membaca karena bagi Emas saat kita membaca, kita bisa pergi kemana saja.

Ketiga anak kecil ini, Mera, Puti dan Emas, mengajarkan kita untuk hidup mandiri, menerima keadaan apapun kenyataannya, saling membantu saat ada yang sakit maupun kesusahan, dan berbagi dalam keadaan suka maupun duka.

Seandainya aku bisa bertemu penulis Kathrinna R., aku ingin mengatakan kalau ada kata yang kurang cocok digunakan oleh anak kecil seperti saat Mera berkata ''Biar nggak jadi wacana.'' Karena mereka masih kecil menurutku lebih baik menggunakan kalimat ''Biar nggak lupa.''
Satu lagi, kenapa Puti sangat menyukai kerupuk? Aku ingin tahu alasan sebenarnya, walaupun sudah dibahas di webtoon.

4* untuk Mera, Puti dan Emas.

"Hampir semuanya yang bisa disimpan, akan disimpan dalam berbagai bentuk, tetapi dengan satu cara : ditulis"


______________ Reading Challenge ______________
Diikutsertakan dalam reading challenge Monday Flash Fiction : November

You Might Also Like

2 comments

  1. Mba maaf sebelumnya, mera puti emas ini memenngkan penghargaan di tahun berapa ya mba, apakah mba punya link beritanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... saya juga kurang tahu mba. Mungkin bisa tanya ke penulisnya langsung.

      Delete

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe