Balon Merah - Petualangan Dree by Irene Tanurajaya

12/19/2016

Blurb ______________

Dree Ams adalah seorang anak yang biasa-biasa saja. Suatu hari, dia melihat sebuah benda berwarna merah melayang-layang di angkasa beserta talinya yang menjulur ke tanah. Benda itu membuatnya penasaran, apalagi setelah dia memegang ujung tali dari benda itu. Maka, Dree pun berpetualang demi mendapatkan benda merah itu. Ternyata petualangan Dree sangat mendebarkan dan menegangkan. Berhasilkah Dree mendapatkan benda merah itu dengan kesulitan dan rintangan yang menghadang tanpa sihir sakti, keahlian mengagumkan ataupun kekuatan dahsyat lainnya!?




Judul : Balon Merah
Author : Irene Tanurajaya
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Halaman : xvii + 225 hlm
Tahun : 2013
ISBN : 10 = 602-249-340-4
13= 978-602-249-340-2

Review ______________

“Semua orang dewasa mempunyai bentuk seperti gumpalan benang kusut. Tampaknya, tidak ada yang salah dengan mereka... Atau mungkin, ada sesuatu yang salah dengan mereka semua?” Hlm. 141

Balon Merah merupakan kisah yang sangat menarik. Tentang balon merah yang tiba-tiba mengapung di udara. Tidak ada yang tahu kapan benda itu berada di langit. Namun, kehadirannya menarik perhatian orang banyak. Dari anak kecil sampai orang dewasa berlomba-lomba mendapatkan balon itu. Mereka yakin jika berhasil mendapatkan balon tersebut akan menjadi orang terkenal dan dikagumi. Namun, sekeras apapun mereka berjuang, sejauh apapun mereka berjalan, bahkan secanggih apapun teknologi tak ada yang berhasil mendapatkan balon tersebut.

Bertahun, tahun, anehnya balon itu masih menggantung di udara, dengan warna merah menyala. Hingga seorang anak kecil bernama Dree Ams melihat balon merah tersebut. Membuatnya tertarik dengan benda yang melayang tersebut. Dia pun bertanya tentang balon tersebut dan tali yang menggantungnya. Sayangnya, selain dirinya balon merah di udara itu tak bertali, begitulah yang dilihat orang-orang. Tapi anehnya Dree justru menemukan tali yang menghubungkan balon merah, bahkan dapat menggenggamnya.

Dree pun memutuskan melakukan petualangan mengejar balon merah dengan mengikuti tali yang ditemukannya. Dree melakukan perjalanan pagi-pagi, tanpa sepengetahuan orang tuanya. Dia mengendap-endap meninggalkan rumah agar tak ketahuan dengan berbekal roti dan dua buah apel merah. Petualangan dimulai dan perjalanan yang dilalui tak mudah.

Melewati taman yang terdapat kuburan jaman dulu. Melewati perumahan, dimana orang-orang yang dia temui seolah tak melihatnya. Menemukan rumah dengan banyak jendela yang unik. Dikerumuni 3 ekor anak anjing. Dituduh pencuri. Melihat bayangan orang dewasa yang kusut. Terjatuh ke sungai yang airnya sangat kotor. Hampir dijual oleh nenek-nenek yang memberinya makanan enak. Akhirnya, bertemu dengan seorang kakek yang waktu kecil dulu sepertu Dree. Mampu melihat tali balon merah. Dia juga berusaha mengikuti tali tersebut, namun menyerah karena tak pernah sampai. Dia sangat marah, hingga si kakek tak lagi melihat tali balon merah.

Mendengar kisah si kakek, hati Dree sedikit goyah. Apakah Dree juga akan menghentikan petualangannya? Temukan jawabannya di novelnya langsung.

Seperti yang sudah aku sebutkan di awal kisah Balon Merah ini sangat menarik. Kisah-kisah yang dialami Dree ini mengingatkan kita tentang kehidupan nyata. Seperti, bayangan orang dewasa yang besar yang terlihat seprti benang kusut, tapi bayangan Dree normal. Setelah dewasa, kehidupan akan semakin rumit, banyak hal yang dipikirkan dan dipertimbangkan tak seperti anak kecil. Dan yang paling aku suka adalah saat orang-orang mengabaikan kehadirannya. Mungkin jika Dree berpakaian rapih, tidak seperti gembel dengan pakaian compang-camping orang akan memerhatikannya, setidaknya orang-orang melirik dia. Tapi yang terjadi pada Dree, jangankan menengok, melirik sedikitpun tak ada.

Alur dan konflik yang disuguhkan membuatku penasaran apalagi yang akan dialami Dree. Juga tentang balon merah, apakah Dree akan berhasil? Membuat aku deg-degan sendiri.

Dalam buku ini juga disuguhi ilustrasi gambar yang membuat pembaca tidak jenuh untuk membacanya.

Kekurangannya, masih terdapat kata-kata yang kalau buku ini dibaca oleh anak kecil akan kurang memahami.

Banyak pesan yang dapat diambil dari setiap petualangan yang Dree alami. Tapi yang paling penting adalah cobalah seperti Dree yang berjuang untuk mewujudkan keinginannya. Walau banyak rintangan yang dihadapi Dree, dia tetap melangkah ke depan.

4.5* untuk Balon Merah


You Might Also Like

2 comments

  1. Aku juga udah pernah baca buku itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru ya ceritanya, gak nyangka ada penulis Indonesia yang bisa bikin buku dongeng semenarik ini.

      Delete

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe