Sekai No Chuushin De, Ai Wo Sakebu/Kuteriakan Cinta Pada Dunia - Katayama Kyouichi

9/13/2016

Blurb_______________

Mengapa kehilangan orang yang kita sayang rasanya begitu berat? Entahlah. Mungkin karena kita sudah menyayangi orang itu. Kita sedih bukan karena perpisahan dan ketiadaan dirinya. Kita sedih karena kita sudah mencurahkan perasaan pada orang itu dan merindukannya. Dan kedukaan itu tidak akan ada habisnya.

Aki dan Saku, dua insan yang sudah bersahabat sejak duduk di bangku SMP, berjanji untuk hidup bersama selamanya. Namun Saku harus berhenti mengasakannya. Kini ia harus mewujudkan mimpi lama Aki, kekasihnya.






Judul : Kuteriakan Cinta pada Dunia
Judul Asli : Sekai No Chuushin De, Ai Wo Sakebu
Author : Katayama Kyouichi
Penerbit : Elex media
Alih Bahasa : Ninuk Sulistyawati 
Halaman : 240hlm
Tahun : 2015
ISBN : 978-602-02-6979-5

Review_______________

"Jika di luar sudah terang, hati kita berdua akan gelap." Hlm. 18

Kehilangan orang yang dicintai nyatanya menjadikan kehidupan Saku tak berarti apapun. Seindah apapun dunia hidupnya terasa hampa. Hirose Aki gadis cantik dan manis itu meninggalkan dirinya dan mimpi-mimpi yang kini hanya mengudara tak terwujud.

Novel ini mengisahkan kehidupan Saku setelah ditinggal Aki. Alur ceritanya maju mundur. Dan dibawakan oleh Matsumoto Sakutaro sendiri si tokoh utama.

Aki dan Saku awalnya tak saling kenal. Namun, beberapa kondisi membuat mereka mengenal satu sama lain. Menjadi teman satu kelas hingga SMA. Sampai waktu mengubah pandangan keduanya.

Saku sadar bahwa dirinya menyukai Aki. Bahkan dia pernah diancam oleh murid cowok karena cemburu terhadap dirinya. Tetapi itu, tak menggoyahkan mereka. Keduanya, berjanji akan hidup bersama selamanya. Sayangnya, ada hal yang harus diterima Saku, bahwa hidup Aki sedang terancam dan mereka tak akan pernah hidup bersama seperti harapan mereka.

"Mencintai dia berarti sama halnya aku adalah aku." Hlm. 31

Betul saja sejak Aki pergi, Saku tak lagi semangat menjalani hidup. Setiap hari bayangan Aki selalu muncul menghampirinya. Dan Saku mencoba mewujudkan satu mimpi Aki yang tak tercapai. Di sebuah tempat yang jaraknya ribuan mil dari Jepang.

Ini novel kedua karya Katayama Kyouichi yang aku baca. Sebelumnya saya pernah review Bunga yang Terakhir Mekar. Kedua novel ini memiliki tema yang sama tentang kehilangan. Tentunya dengan pesan dan cerita yang berbeda. Dan aku sangat menikmatinya.

"Buatku dunia yang tak ada kau sama sekali asing dan aku bahkan tak tahu apakah dunia seperti itu benar-benar ada atau tidak." Hlm. 178

Karena ini novel terjemahan, masih ada kalimat yang tidak baku. Sepertinya translator ada beberapa bagian yang diterjemahkan satu kata satu kata sehingga membentuk kalimat yang kurang sedap dibaca.
Tapi, novel ini masih enak untuk dinikmati kok. Overall, kualitas terjemahan tidak mempengaruhi cerita yang disampaikan.

Yang suka novel Jepang dan romance, silahkan baca novel satu ini.

4* untuk Kuteriakan Cinta pada Dunia

_______________ Reading Challenge _______________
Diikusertakan dalam Japanese Literature Reading Challenge 2016


You Might Also Like

0 comments

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe