[Review] The Dead Returns - Selamat dari Maut by Akiyoshi Rikako

Blurb _____________

Suatu malam, aku didorong jatuh dari tebing. Untungnya aku selamat.

Namun, saat aku membuka mataku dan menatap cermin, aku tidak lagi memandang diriku yang biasa-biasa saja. 
Tubuhku berganti dengan sosok pemuda tampan yang tadinya hendak menolongku. Dengan tubuh baruku. Aku bertekad mencari pembunuhku.

Tersangkanya teman sekelas. total, 35 orang. 
Salah satunya adalah pembunuhku.





Judul : The Dead Returns
Author : Akiyoshi Rikako
Penerbit : Haru
Alih Bahasa : Andry Setiawan 
Halaman : 252 hlm 
Cetakan : kedua, September 2015
ISBN : 978-602-7742-57-4

Review _____________

Aku tahu siapa kau sebenarnya. Juga apa yang terjadi malam itu. Hlm. 114
Apa yang akan kalian lakukan jika tubuh kalian bertukar dengan orang yang hendak menolongmu dari maut? Novel ini akan membawa kita merasakan ketidaknyamanan hidup ditubuh orang lain. Terlebih si pemilik aslinya meninggal. Senang, resah, bimbang, itulah yang dirasakan oleh Koyama Nobuo. Yang kini jiwanya hidup di raga Takahashi Shinji.

Koyama dijuluki anak yang suram oleh teman-teman sekelasnya. Kecintaannya pada kereta api menambah kesan kesuramaan hidupnya. Koyama tak dekat dengan siapapun kecuali Yoshio teman sekelas yang juga memiliki hobi sama. Suatu hari Koyama menemukan sebuah surat yang membawanya pada malapetaka. Tiba di tempat pertemuan seseorang mendorong tubuhnya ke jurang. Hingga seorang lelaki mencoba menolongnya yang berakhir dengan tragis. Hanya Koyama yang kini berdiam di tubuh Shinji. Karenanya dengan tubuh Shinji dia mencoba mencari pelaku pembunuhnya.

"Keberadaanku sekarang adalah hasil dari pengorbana banyak orang. Sebenarnya aku harus ingin melepas ini semua. Tapi, meskipun aku tahu itu, aku masih saja ingin berada di sini.'' Hlm. 155
Satu persatu teman sekelasnya ditanyai tentang aktifitas yg dilakukan tanggal 2 September tersebut. Tapi mereka memiliki alibi masing-masing. Hanya kepada Yoshio-lah Koyama menceritakan misinya itu. Koyama juga berfikir untuk menceritakan tentang dirinya pada Maruyama. Gadis yang juga dikucilkan di kelas mereka. Selain pada Yoshio, Koyama juga merasa nyaman berbincang dengan Maruyama. Namun, anehnya tiba-tiba saja dia mendapat sms misterius untuk menghentikan tindakannya mencari sang pembunuh.

Di sini pembaca dibawa berasumsi sendiri tentang si pembunuhnya, bahkan aku berpendapat si pembunuh misterius itu Yoshio. Alasannya? Temukan di novelnya. Namun, sayangnya munculah tersangka baru dengan bukti yang lumayan kuat yaitu Sasaki Kun. Sayangnya, lagi. Koyama menemukan fakta lain tentang ibunya. Koyama menemukan asuransi kematiannya dengan nominal yang besar. Mungkinkah ibunya ikut andil terhadap kematiannya? Siapa tahu? Karena tersangkanya adalah teman sekelas Koyama, guru juga ibunya.

... Boleh kan, aku percaya padamu? Tidak ada orang di dunia ini yang akan percaya pada keadaanku. Tapi... hanya padamu sajalah.... hlm. 191
Aku suka penulis mengeksekusikan konflik dalam novel ini. Ada dua masalah yang diangkat, pertama mencari si pembunuh. Kedua, berperan sebagai Shinji. Dua pribadi yang saling bertolak belakang. Jika Koyama di cap anak suram. Shinji adalah murid SMA populer dengan penampilan keren, vokalis band dan memiliki pacar cantik. Pun, Ayah dan Ibunya yang begitu menyayangi Shinji. Jangan berfikir negatif dulu, Koyama juga di sayang ibunya ko. Konflik dalam novel ini kuat dan penuh dengan teka-teki.

Untuk alurnya mahngalir, santai. Walau kehadiran si pengirim sms misterius itu sedikit di angkat. Dikisahkan dari sudut pandang Koyama sendiri sebagai narator. Untuk penerjemahannya juga bagus.

Hidup di dalam tubuh orang lain dan harus menjadi sipemiliknya tentulah tidak mudah. Apalagi yang kita tahu si pemilik aslinya telah meninggal, seperti yang dialami Koyama. Selagi tak merugikan orang lain agar tak menjadi beban jadilah diri sendiri. Kurang lebih seperti itu pesan yang dapat kuambil dari novel kece ini.

Overall, aku sangat terhibur. Rekomen banget buat kamu yang suka misteri.

4* untuk The Dead Returns


No comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!