Rashomon - Kumpulan Cerita by Akutagawa Ryunosuke

4/04/2016

Blurb_______

Bencana demi bencana melanda kota Kyoto. Mayat korban bergelimpangan saking banyaknya. Seorang nenek bertahan hidup dengan mencabuti rambut mayat dan mmenjualnya sebagai cemara. Seorang Genini, samurai kelas rendah, yang menjunjung tinggi moralitas, memergoki si nenek. Ia muak kepada si nenek. Namun, di pihak lain, dia ogah mati kelaparan.

Seorang pendeta berhidung panjang, sangat mendamba hidung pendek. Namun, benarkah ia menjadi bahagia ketika hidungnya memendek?

Seorang maling masuk neraka. Sang Buddha membebaskannya dari neraka karena si maling pernah menyelamatkan seekor laba-laba. Menjelang tubir, dia terjatuh lagi ke dalam neraka. Mengapa?

Kisah-kisah itu merupakan tema yang diungkap oleh Akutagwa dalam buku ini. Dia mau menggambarkan betapa tipis dan licinnya batas antara buruk dan bagus, jahat dan baik, hina dan mulia, bohong dan jujur, salah dan benar.

Inilah bacaan alternative bagi peminat cerita-cerita Jepang, termasuk komik, peminat sastra, dan peminat ajaran-ajaran kebijaksanaan hidup.

Judul : Rashomon-kumpulan cerita
Author : Akutagawa Ryunosuke
Penerbit : KPG
Alih Bahasa : Bambang Wibawarta
Halaman : v + 167 hlm
Cetakan : kedua, Agustus 2015
ISBN : 978-979-91-0917-0

Review_______

Kumpulan cerita karya Akutagwa ini diberi judul Rashomon sesuai dengan salah satu judul cerita pendek dalam buku ini. Aku baru pertama kali baca  tulisannya yang banyak mengandung nilai-nilai kehidupan. Akutagwa menyampaikannya dengan sangat ringan namun meiliki makna yang besar. Dimana hal-hal yang dianggap biasa saja meiliki nilai yang istimewa.
Berikut ini beberapa cerita yang ada dalam buku ini.

RASHOMON
Rashomon merupakan pintu gerbang pada zaman Heian yang sekarang terletak di prefektur Nara. Kyoto yang terus dilanda bencana membuat salah satu Genin yaitu samurai kelas rendah dipecat oleh tuannya. Banyak mayat yang dibuang ke gerbang tersebut saat Genin itu menaiki anak tangga melihat seorang nenek yang tengah mencabuti rambut dari mayat perempuan. Sebagai seorang genin tentu saja dia tak dapat membenari perbuatan nenek itu. Tapi mendapat penjelasan sang nenek yang ternyata tindakannya itu untuk bertahan hidup membuat Genin terpengaruh, dia pun melucuti pakaian si nenek dan membawanya. Demi bertahan hidup manusia akan menghalalkan segala  cara sekalipun itu dijalan yang salah.

DI DALAM BELUKAR
Diceritakan pada sebuah pengadilan untuk mengungkap pembunuhan. Dari beberapa saksi, termasuk si nara pidana memiliki versi yang berbeda. Dalam cerita ini akan ditemukan betapa tipisnya sebuah kebenaran dan kebohongan. Terlebih diakhir cerita disuguhkan pengakuan dari sang mayat.

KAPPA
Dibandingkan cerita lainnya, cerita yang diberi judul Kappa ini lebih panjang. Seorang lelaki yang masuk rumah sakit jiwa, lalu menceritakan kisahnya saat di negeri kappa. Kappa sendiri makhluk legendaris yang dianggap bagian dari kriptozologi. Negeri Kappa ternyata tak kalah majunya dengan bumi  namun sistem kehidupan berbanding terbalik dengan kehidupan manusia. Jika bagi manusia itu salah bagi mereka malah benar. Selama satu tahun di negeri kappa dia dapat memahami bahasa kappa, hingga kembalinya ke bumi, dia tak sengaja menggunakan bahasa Kappa. Dia pun merindukan teman-temannya di negeri Kappa. Hukum alam memang seperti itu bukan dengan sendirinya kita berubah saat lingkungan pun berbeda.

BUBUR UBI
Sebuah diskriminasi yang diterima seorang Goi yaitu samurai kelas rendah. Karena keadaan fisiknya yang berbeda dia diolok-olok, dihina, dicaci, tapi dia tak pernah marah atau balas dendam, bahkan wajahnya selau terlihat datar. Kesukaannya adalah bubur ubi yang juga menjadi olokan para prajurit lainnya. Hingga Toshihito yang pernah mengolok-ngoloknya mengajak Goi itu makan bubur ubi. Namun, apa yang terjadi bubur ubi ternyata sangat banyak dan Goi tersebut kewalahan memakannya. Ternyata kebaikan Toshihito hanya ingin mengerjai Goi yang polos.

SARANG LABA-LABA
Budha yang mencoba menyelamatkan seorang maling yang tengah menderita di neraka. Karena si maling pernah melakukan kebaikan sekali saja semasa hidupnya, Budha pun mencoba menolongnya dengan benang laba-laba. Namun tak terduga penghuni neraka lainnya mengikuti si maling yang tengah memanjat benang tersebut. Tak lama benang itupun putus karena si maling tak menginginkan penghuni neraka lainnya memanjat benang tersebut, sayangnya dirinya pun ikut terjun ke neraka. Satu-satunya kesempatan hilang karena sebuah keegoisan.

SI PUTIH
Kisah seekor anjing putih yang menjadi hitam karena sebuah kutukan sangat menyentuh hati. Bukannya menolong anjing hitam yang ditangkap pemburu, si putih malah melarikan diri karena takut, saat tiba di rumah majikannya tubuhnya malah menjadi hitam sehingga tak dikenali. Dia pun berulang kali bunuh diri, namun tindakannya justru menjadikannya seorang pahlawan. Menurutku itu bukan sebuah kutukan melainkan sebuah kesempatan agar dirinya tak lagi menjadi pengecut.

HIDUNG
Seorang pendeta yang memiliki hidung panjang karena kesusahan saat makan, pendeta itu harus dibantu muridnya. Hingga dia menemukan cara untuk menjadikan hidungnya pendek. Setelah pendek dia malah ditertawakan dan merasa ada yang kurang dengan hidupnya dibandingkan saat hidungnya panjang. Bukankah kita harus menerima keadaan apa adanya?
Demikianlah cerita yang ada dalam buku ini. Gak bakalan bosen deh pokonya. Terjemahannya pun sangat rapih jadi bacanya ngalir banget. Ada beberapa kosakata Jepang dengan penjelasannya, lumayan buat nambah wawasan.

Overall aku menyukai cerita-cerita pada buku ini. Dan yang paling aku suka kisah Rashomon dan Si Putih. Alasannya? Tipisnya benar dan salah itu banyak mengelilingi diriku dalam keadaan terdesak sehingga hal yang salahpun dibenarkan. Sedangkan kisah Si Putih, jika dilihat dari sisi yang berbeda selalu ada kesempatan untuk menjadi lebih baik.

Terjemahannya juga ngalir banget. Asyik bacanya gak kaku.

5* untuk Kumpulan Cerita Rashomon

You Might Also Like

2 comments

  1. kakak beli di mana bukunya apakah masih ada ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko buku dekat rumahku ka. Di sini masih ada ka.

      Delete

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe