The Unbroken Vow by Kezia Evi Wiadji

3/29/2016

Blurb_______

Di usianya yang masih muda, Ivy Sutedja boleh berbangga diri. Ia memiliki semua yang diimpikan oleh wanita seusianya. Usaha bridal yang mapan, putri cilik yang menggemaskan, dan kehidupan tentang bersama Ethan Wicaksana.

Sampai suatu hari, guru anaknya, berada di antara dirinya dan Ethan, mengguncang kehidupan nyamannya. Kemudian muncul laki-laki lain yang menawarkan bahunya untuk Ivy bersandar, terutama ketika teror masa lalu mengincar nyawanya.




Judul : The Unbroken Vow
Author : Evi Wiadji
Penerbit : Gramedia Pustaka 
Tahun :  2015
Halaman : 232 hlm
ISBN : 978-602-03-1963-6

Review_______

"Kenapa kamu keberatan? Kita kan sudah bercerai.'' Hlm. 153

The Unbroken Vow mengisahkan tentang kehidupan Ivy bersama putri kecilnya, Cindy dan seorang lelaki yang merupakan ayah dari anaknya, Ethan. Sayangnya, pernikahan mereka tak berjalan mulus, lalu berakhir di meja persidangan. Perpisahan kedua orang tuanya membuat Cindy menderita, demi membahagiakan kedua anaknya, Ivy dan Ethan sepakat tetap membagi tugas hingga Cindy terlelap, lalu Ethan bisa pulang.

Walau keduanya telah berpisah, kisah Ivy dan Ethan begitu manis. Tidak mungkin kan mereka dapat mudah menghilangkan perasaannya, terlebih mereka masih memanggil nama kesayangan ''Beb'' dan ''Hun''. Eh, ketika Ethan manggil ''Beb'' hatiku yang malah berbunga-bunga. Hadirlah seorang guru cantik mengusik kehidupan tenang keduanya. Seorang wanita yang mampu meluluhkan hati Ethan. Sally, guru TK Cindy itu ternyata terpana dengan sosok Ethan.

"Pokonya, aku keberatan kamu kencan dengan wanita itu!'' Hlm. 71

Di sinilah konflik semakin menarik. Ivy tak terima Ethan berpacaran dengan guru anaknya. Gejolak perasaan Ivy yang turun naik membuatku kasihan pada Ivy. Penulis berhasil membuat alur dalam novel ini mengalir dengan emosi yang turun naik. Aku dapat merasakan Ivy yang hatinya terluka dan kebahagiaan yang di dapat dari Ethan. Cindy awalnya simpatik pada gurunya itu, namun kejadian tak terduga membuat Cindy membenci Sally.

"Kamu yakin wanita itu tepat untukmu? Yakin setelah apa yang terjadi pada anak kita?'' Hlm. 106

Saat konflik semakin besar, muncullah sosok Max. Lelaki yang terpikat pada Ivy. Sebuah tragedi yang membuat Cindy pun mengidolakan Max seperti ayahnya. Seperti Ivy dulu, Ethan tidak suka ada lelaki yang dekat dengan mantan istrinya tersebut. Ah, lelaki memang egois. Di sini aku merasa sebal dengan Ethan. Tidak, sejak dia berhubungan dengan Sally aku memang sudah kesal. Hingga, Ivy harus menerima pahitnya masa lalu tengah menggerogoti hidupnya. Mampukah Ivy bertahan dari segala masalah yang dihadapinya?

"Kamu pasti bisa melewatinya. Dan kamu pasti sudah tahu, ada Tuhan yang lebih besar dari semua masalah.'' Hlm. 188

Aku baru pertama kali baca novel karya Evi Wiadji. Penulis mampu mengendalikan emosi pembaca hingga cerita ini berakhir. Kisah yang mengharukan. Sampai aku nangis merasakan kesedihan Ivy. Karakter Cindy sesuai dengan kondisi usianya yang masih kecil, polos, ceria, apa yang diingininya harus dituruti, terutama jika sudah berjanji. Aku jadi teringat keponakanku yang kalau udah janji dan belum ditepati sampai nih dunia kiamat juga bakalan inget.

Overall, aku sangat jatuh cinta.

"Aku tidak sempurna, tapi kini, hidupku benar-benar sempurna.'' Hlm. 224

4.5* untuk The Unbroken Vow


You Might Also Like

0 comments

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe