[Novel-Review] Le Petit Prince - Pangeran Kecil by Antoine De Saint-Exupery

2/10/2016

________________ Blurb ________________ 

Pangreran Kecil termasuk buku yang paling banyak diterjemahkan di dunia. Konon pernah disadur ke dalam 230 bahasa asing. Buku ini memang luar biasa. Tampaknya seolah cerita anak-anak, tapu sebenarnya dinikmati dan direnungkan juga oleh orang dewasa. Lewat cerita seorang anak yang mengamati dunia dengan mata naif dan lugu, Saint-Exupery menyentuh beberapa nilai dan pengalaman manusia yang paling dasar, seperti kekuasaan, tanggung jawab, dan cinta. Dongeng yang mengharukan sekaligus amat mendalam ini termasuk karya-karya agung sastra dunia yang tidak terlupakan.


Judul : Le Petit Prince 
Author : Antoine de Saint-Exupery
Alih bahasa : Henri Chambert-Loir 
Hal : 120 hlm
Cetakan : ketiga, desember 2015
Penerbit : GPU 
ISBN : 978-602-03-2341-1

________________ Review ________________ 

Novel ini sudah di filmkan pada tahun 2015 silam. Dan, novel yang sangat populer ini menyita imajinasiku. Aku sangat terhibur dengan perjalana pangeran kecil hijrah dari satu pelanet ke pelanet lain. Perjalanan penting yang membuat kita sadar akan beberapa hal tentang kehidupan yang selama ini dijalanai manusia. Le Petit Prince merangkumnya dalam sebuah dongeng yang dapat dinikmati semua kalangan.

Berikut beberapa kisah perjalanan yang dilakukan pangeran kecil selama mengelilingi planet-planet, hingga akhirnya berlabuh di bumi, lalu mengisahkan ceritanya kepada narator dalam novel ini. Sang narator sendiri kala itu tengah memperbaiki pesawatnya yang rusak. Awalnya dia heran karena di tengah gurun pasir ada seorang anak kecil dan memintanya untuk menggambarkan seekor domba.

Pangeran Kecil berasal dari sebuah planet kecil dimana di sana terdapat gunung merapi yang masih aktif dan tumbuhan Baobab yang apabila akarnya dibiarkan akan menutupi seluruh planetnya. Oleh karenanya dia sering mencabuti tumbuhan Baobab tersebut. Serta teman yang sangat berharga bagi dirinya adalah satu-satunya bunga mawar yang tumbuh di sana.

Perjalanan pertamanya Pangeran Kecil singgah di sebuah planet yang didiami seorang raja. Raja yang sangat berkuasa, segala perintahnya harus dituruti.



Planet kedua, ditinggali oleh seorang yang sombong. Seperti sifatnya dia lebih suka pujian.



Planet ketiga, sang pemabuk. Di mejanya berderet botol yang sudah kosong dan masih berisi. Datang ke planet ini membuat pangeran kecil murung.



Planet keempat, seorang pengusaha. Selama bertahun-tahun yang dikerjakannya hanya menghitung bintang.



Planet kelima, Seorang Penyulut Lentera. Apabila lentera dimatikan pertanda sudah malam, dan sebaliknya. Namun, tahun demi tahun planetnya berputar cepat. Karena aturan tidak berubah Sang Penyulut kewalahan tidak ada waktu untuk dirinya beristirahat.



"Aturan adalah aturan. Selamat pagi.'' Hlm. 61

Planet keenam, Seorang ahli bumi. Namun dia tidak tahu apakah di planetnya ada samudra, gunung, laut dan lainnya karena dia tidak memiliki seorang pun penjelajah. 



"Karena seorang penjelajah yang bohong akan membawa bencana dalam buku-buku ilmu bumi. Demikian juga seorang penjelajah yang minun terlalu banyak.'' Hlm. 66

Planet ketujuh, bumi. Sebelum bertemu dengan sang narator, pangeran kecil bertemu dengan seekor ular di gurun pasir dan setangkai bunga. Pangeran Kecil belum bertemu dengan manusia satupun juga. Dia mendaki gunung dan menemukan sebuah jalan menuju kepada manusia. Di sana Pangeran Kecil mendapati kebun yang penuh bunga mawar, membuatnya mengingat sang mawar yang ditinggalkannya sendirian.


Tak lama dia bertemu dengan seekor rubah. Pangeran Kecil mengajak Sang Rubah bermain tapi ditolak karena Sang Ruba belum jinak. Setelah lama berbincang lama, Sang Rubah pun meminta dijinakan dan menjadi salam perpisahan bagi keduanya karena Pangeran Kecil harus melanjutkan perjalanannya.


"Inilah rahasiaku. Sangat sederhana: hanya lewat hati kita melihat dengan baik. Yang terpenting tidak tampak di mata.'' Hlm. 88

Aku suka cerita Pangeran Kecil dengan Rubah. Setelah kehilangan kita akan menyadari bahwa itu sangat berharga.

Aku kasih 4.5* untuk Le Petit Prince 


You Might Also Like

0 comments

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe