[Novel-Review] Doki Doki Game : Start! - Orihara Ran

1/14/2016

Hay, hay.... special nih untuk review pertama di tahun 2016 ini. Special untukku sendiri sih. :D

Yupzz.... aku mau nge-review salah satu penulis favoriteku yang memiliki nama pena Orihara Ran.

Pertama kali aku baca karyanya tuh yang novel Aidoru No Sekai. Alur ceritanya menarik, pemilihan nama karakternya juga keren dan selalu mengandung arti, terlebih aku sangat suka dengan konflik dan pembawaan alurnya, mengalir banget, tanpa mampet, lancar, car, car.... pipa air kali mampet. Dalam kesempatan ini aku mau review Doki Doki Game : Star! Aku udah baca novel ini pas terbitnya, tapi baru bisa review sekarang. hehe

__________________ SINOPSIS ________________
Menjadi korban tabrak lari saat berumur 10 tahun membuat Hoga Kuon tiba-tiba bisa mendengar suara detak jantung orang-orang disekitarnya. Keanehan itu membuat hidup Kuon menjadi tak tenang, tapi lama-kelamaan justru membuatnya memahami perasaan orang lain. Takut, cemas, sedih, bahagia, dengki, cemburu-semua perasaan itu memiliki irama debaran jantung yang berbeda, dan Kuon bisa mendengar semuanya dengan sangat jelas.
Kecuali Yamane Runa.
Anak perempuan itu adalah satu-satunya manusia hidup yang sama sekali tak terdengar degup jantungnya. Kuon kecil bertemu dengan Runa dan menceritakan rahasianya sebelum gadis itu menghilang tiba-tiba.
Enam tahun kemudian, Hoga Kuon tumbuh menjadi pemuda yang ditakuti berkat kemampuannya membaca detak jantung. Dia menciptakan permainan kolosal mengerikan Bernama doki doki game disekolahnya, SMA Seishin Gakuen. Taka da seorang pun yang berani melawannya.
Kecuali Yamane Runa.
Murid pindahan itu kembali dengan misi mengalahkan Kuon dalam doki doki game.
Dan Kuon tetap tidak bisa mendengar degup jantungnya.



Judul : Doki doki game star!
Penulis : Orihara Ran
Penerbit : Ice Cube
Halaman : vi & 206 hal
Tahun : 2014
ISBN : 978-979-91-0770-1

__________________ REVIEW ________________

"Kalau memang ingin mengalahkan penguasa, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah memenangkan doki doki game.'' Hal.49

Doki Doki Game Start, dari judulnya saja aku sudah tertarik terlebih sampulnya yang simple tapi bikin tebak-tebakan dalam hati, pasti keren nih novel. Dan, yes tidak mengecewakan tulisan Orihara Ran selalu keceh badai.

Alur dalam novel ini yaitu maju-mundur, gak pake cantik, cantik, ya. Menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Hoga Kuon, seorang anak manusia yang hidunya berubah sejak kecelakaan yang menimpanya 6 tahun yang lalu, entah dari mana asal usulnya dia dapat mendengar degup jantung orang-orang disekitarnya. Dunianya terasa asing dan bising. Awalnya dia merasa risih, namun seiring berjalannya waktu dia jadi terbiasa dan mengerti arti dari bunyi bising itu, degup jantung dengan irama yang berbeda dan arti yang berbeda pula. Degup jantung sedih, senang, marah, hawatir, semua itu memiliki irama masing-masing. Namun, hanya ada satu orang yang tidak dapat dia dengar degup jantungnya, seorang anak kecil yang bernama ''Yamane Runa.''

Sayangnya Runa tiba-tiba menghilang. Pertemuan itu menyisakan kekesal bagi Kuon. Hanya pada Runa, dia menceritakan kejadian aneh yang dialaminya itu. Karena Runa, Kuon dapat menikmati musik tanpa ada campuran drum. Ya, Bunyi degupan sangat Kuon benci.

4 tahun berlalu, Kuon akhirnya bertemu lagi dengan gadis yang detak jantungnya tidak dapat dia dengar, Yamane Runa, dia kembali. Namun, Runa tidak menyadari bahwa mereka pernah bertemu sebelumnya. Terlebih, Runa harus menghadapi kenyataan yang tidak baik, di sekolah barunya ada sebuah masa dimana murid Seishin Gakuen menjadi pribadi yang tidak biasanya, ketika sebuah musik mengalun, para murid sibuk dengan dirinya sendiri untuk memecahkan teka-teki pada Doki Doki Game yang diciptakan oleh Doki Doki Club, dimana sang Raja adalah Kuon, yang dapat memecahkan teka-teki tersebut memiliki hak istimewa untuk menghukum sesuai fortune roulette atau hak mutlak, dimana sang pemenang bisa langsung memilih siapa yang akan dijebloskan ke Nero Clash, sayangnya permainan itu tak semudah yang dibayangkan, para murid akan berhadapan dengan para Master yang sudah ditunjuk karena setiap permainan hanya satu Master yang akan bermain. Dan yang dapat mengalahkan semua master akan menjadi absolute master.

Sebelum kedatangan Runa tidak ada yang dapat mengalahkan Ketiga master DDC, namun semenjak gadis itu memutuskan untuk melawan penguasa Seishin Gakuen, anggota DDC dibuat takjub. Lalu, Runa pun memulai game pertamanya.

"Kalau angin adalah sahabat terbaikku,maka angin adalah musuh untukku.'' Hal. 76

Apakah menurut kalian Runa berhasil memecahkan teka-teki tersebut? Inilah yang aku suka dari Orihara Ran, Runa kalah di game pertamanya, lalu pada doki doki show dimana hukuman untuk dijebloskan ke dalam penjara yang ditakuti para murid, Runa terjebak langsung dengan Nero Clas. Sang Master Tomiya Rintaro memang menggunakan hak mutlaknya yang tidak pernah digunakan oleh para master yang anti sosial dan menghindari permusuhan itu, kali ini Rintaro mematahkan tradisi tersebut. Ya, karena pada dasarnya Rintaro membenci Runa. Dia tidak suka terhadap sikap Runa yang menantang langsung Sang Raja.

"Walau menanggung rasa sakit, kau harus menghadapinya. Bukankah kepedihan seperti itu merupakan bagian dari kehidupan manusia?'' Hal.202

Dari game pertama Runa dijauhi oleh teman-teman sekelasnya, dia sendirian, tak punya teman. Dalam permainan itu, teman bisa jadi lawan, lawan bisa jadi kawan, namun Runa tidak ambil pusing dengan apa yang menimpa dirinya, karena dia memang sedang menjalani misi yang diberikan ayahnya.
Lalu, lagu Salut D'amaour milik Edward Elgar bersenandung pertanda doki doki game dimulai.

“Kau adalah aku. Teruslah mendekat, dan aku akan menghilang.'' Hal. 179

Di game selanjutnya, master yang ditunjuk adalah Kouhei. Apakah kali ini Runa akan menang? Nah, untuk tahu kelanjutannya silahkan baca novelnya langsung. Nantikan juga review selanjutnya, serial kedua yaitu Doki Doki Game : Over?

__________________ KARAKTER ________________

*      Yamane Runa, gadis yang senang memecahkan teka-teki dari ayahnya, menyukai tantangan, peduli keadilan dan tidak pernah menyerah.
*      Tuan Yamane, ayah Runa yang misterius.
*      Kuon seorang Raja yang mengatur semua kendali DDC dan pencipta Doki Doki Game. Kuon ditakuti dan berkharisma.
*      Ririka - Heart, mengawasi para pemain supaya tidak ada yang berani berbuat curang. Walau ucapannya sangat manis dan ramah tapi dia tegas.
*      Yuu - spead, mencari kelemahan player. Selalu berada di samping Ririka.
*      Master, ditandai dengan pin. 
Arima Kouhei. Memiliki karakter yang lembut. 
Tomiya Rintaro, tidak suka jika ada yang mengalahkannya dan merupakan adik Ririka.
Matsushima Isamu, seperti Kouhei dia memiliki sifat yang lembut dan santai.
*      Kaze, paman Runa yang begitu menyayangi Runa dan menentang kembalinya Runa ke Tokyo.

__________________ RATING ________________

Aku kasih bintang 4.5 untuk Doki Doki Game: Star!


You Might Also Like

0 comments

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe