[Novel-Review] The Secret of Love - Andi Tenri Ayumayasari

11/29/2015

Baru sempet review lagi nih. 
Review kali ini sebuah novel romance yang berjudul The Secret of Love karya Andi Tenri Ayumayasari.
Cek yukkk.....

Yap, kita nggak akan pernah bisa mengenal seseorang hanya dari penampilan luarnya. Terkadang kita harus berada dalam situasi yang dekat hingga kita bisa tahu apakah orang itu seperti yang kita pikirkan atau tidak. Daripada sok tahu dan pada akhirnya salah, lebih baik cari tahu saja. Hal-18


Rangga tak menyangka kepindahannya ke Bandung justru mempertemukannya dengan Olivia, cewek super nyebelin yang sering banget ngeledekin dia dengan sebutan ''serangga''. Tapi semakin dekat dengan oliv, Helena, sepupu sekaligus cewek yang tergila-gila dengan Rangga jadi terbakar api cemburu dan sering banget nge-bully oliv. 

Tapi kejadian demi kejadian justru membuat Rangga bersimpati karena sebenarnya Olivia itu cewek yang baik, hanya masalah kedua orang tuanya  saja yang sering membuat oliv kabur bahkan sempat mencoba bunuh diri. Sayangnya Rangga tidak bisa dengan mudah mendekati oliv. Selain karena gengsi yang super duper gede, juga karena Bisma, kakak kelas itu selalu ada di sekitar oliv dan membuat Rangga cemburu setengah mati. 

Oliv yang tidak bersalah justru terjebak dalam situasi yang sulit. Ia harus bertunangan dengan rafael dan pergi ke Jepang demi cita-citanya. Bukan cuma itu, Luna sahabat Oliv mesti makan hati akibat ulah Reza yang ketahuan selingkuh dengan Dina. Akankah oliv bersatu dengan Rangga? Ataukah ia akan bersama Bisma? Lalu, siapa sebenarnya sosok yang selalu meneror oliv. 

Penulis :  Andi Tenri Ayumayasari
Judul : The Secret Of Love
Hal : 256
Penerbit : Matahari
Tahun :  2014
Isbn : 978-602-1258-92-7

Aku hanya ingin mempertahankan apa yang aku miliki. Aku tidak ingin kehilangan apapun. Karena itu aku harus kuat dan berusaha. Hal-48

Cerita dalam novel The Secret of Love adalah kisah romance anak SMA pada umumnya. Alurnya pun ringan. Ceritanya mudah ditebak. Aku suka dengan karakter Bisma, walaupun dia sangat terlambat mengutarakan perasaannya pada tokoh utama Olivia. Aku merasa kasihan dengan Olivia yang harus masuk rumah skait dua kali, padahal dia baru sembuh.

Sayangnya dari penggunaan EYD ada typo dan kurang sepadan. Oke, saatnya kita cek :

“Apa yang harus mama lakukan suapa kamu percaya.” Hal-165

Dalam kalimat tersebut ada kata “suapa” yang benar adalah “supaya.

“Bisakah kamu berjanji sesuatu sama aku?” hal-237

Penggunaan kata “sama” kurang enak dibaca mungkin kalau seperti ini kesan pada kalimat tersebut akan lebih kuat “Bisakah kamu berjanji sesuatu padaku?”

Sama seperti kalimat yang satu ini “Kamu nggk perlu menjawab apa-apa kok. Bagaimana kalau kamu ikut sama aku ke Amerika:” Hal-236

Karena yang mengucapkan hal tersebut adalah Bisma dan menurutku karakter cowok itu harus tegas “Kamu tidak perlu menjawabnya ko. Bagaimana kalau ikut denganku ke Amerika?”

Dalam novel ini juga ada penggunaan Bahasa Jepangnya, di bawah ini penggunaan kata kerja yang kurang tepat.

“Watashi wa ima, Ueno Koen ni kitai.” Hal-245
Aku ingin pergi ke tanam Ueno sekarang.

Dalam kalimat tersebut ada kata “kitai” yang artinya “ingin datang” harusnya menggunakan kata “ikitai” artinya “ingin pergi” Penggunaan “kitai” biasanya jika kita subjek sudah ada ditempatnya dan ketika pihak lain yang mengucapkannya. Kalimat di atas seharusnya “Ima, watashi wa Ueno Koen ni ikitai.” Untuk penggunaan “ima” artinya “sekarang” karena menunjukan keterangan waktu bisa digunakan sebelum subjek atau predikat.

Kalimat berikut ini adalah kesalahan penggunaan Bahasa Jepang yang berlebihan “Ah, haaik!! Gomen ne.” (Ah, iya!! Maaf ya.) hal-244

Seharusnya bukan “haaik” tapi “hai” artinya adalah “iya.”

Karena alur ceritanya ringan aku merasa terhibur, walaupun sedikit kaget si karena tokoh dalam novel The Secret of Love kumpulan orang-orang kaya, yang kehidupan mereka senang belanja ke Mall, liburannya aja ke Jepang. Ouh, iya penulis kenal sama Tomohisha Sako nih. Hehe….. Aku penggemarnya Tomohisha, lagunya enak-enak.


Sebagai penutup aku kasih bintang tiga untuk novel The Secret of Love.

You Might Also Like

0 comments

Follow Me

Goodreads Reading Challenge

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Yuuki has read 2 books toward their goal of 100 books.
hide

Subscribe